Pemprov DKI Beri Penghargaan Bagi Masyarakat Peduli Lingkungan

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada masyarakat, baik individu, sekolah, maupun perusahaan yang telah melakukan aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan. 

Penghargaan Masyarakat Peduli Lingkungan tersebut terbagi dalam enam kategori masing-masing yakni, Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, Program Kampung Iklim, Kalpataru, Pengelola Bank Sampah, Program Jakarta Tanpa Kantong Plastik, dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kelestarian lingkungan perlu terus dijaga agar juga bisa dirasakan dan dinikmati oleh generasi mendatang. 

"Saya menyampaikan apresiasi kepada semua yang sudah berkontribusi menjaga dan merawat lingkungan. Sehingga, Jakarta menjadi tempat yang bersih, indah, dan nyaman," ujarnya, saat acara Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/11). 

Menurut Anies, kepedulian terhadap lingkungan perlu dibiasakan sejak usia dini, bukan sekadar diajarkan, agar anak-anak betul-betul dapat mengimplementasikan dalam keseharian. Pasalnya, pekerjaan merawat harus menjadi kebiasaan karena perlu dilakukan terus-menerus. 

"Saya berharap dari sekolah-sekolah yang medapatkan penghargaan hari ini akan muncul champion-champion yang bisa membawa perubahan," terangnya. 

Anies menjelaskan, saat ini produksi sampah di Jakarta telah mencapai 7.000 hingga 8.000 ton per hari. Untuk itu, diperlukan penanganan sampah-sampah sejak dari rumah tangga, dan Bank Sampah memiliki kontribusi besar dalam pengelolaan sampah. 

"Secara khusus, saya juga memberikan apresiasi kepada bapak dan ibu yang sudah mampu mengelola sampah dengan baik," ungkapnya. 

Anies menambahkan, tidak kalah penting dalam upaya merawat lingkungan di Jakarta adalah menjaga kelestarian air tanah. Masyarakat diharapkan bisa ikut andil dengan mengkondisikan agar air hujan masuk ke dalam tanah, tidak langsung dialirkan menuju saluran-saluran mikro yang bermuara ke sungai dan akhirnya ke laut.(p/ab)